Sri Rama dan Dewi Shinta Ikuti Pelatihan Jurnalistik dan Kepanduan | OSIS SMK Panca Bhakti Banjarnegara

Sri Rama dan Dewi Shinta Ikuti Pelatihan Jurnalistik dan Kepanduan

Pelatihan Jurnalistik dan Kehumasan bertujuan untuk meningkatkan mutu

PramukaBertempat di Sanggar Bhakti Pramuka Kwarcab Banjarnegara, 70 orang anggota Pramuka penegak pandega se Kabupaten Banjarnegara, yang merupakan perwakilan dari pangkalan Gugus Depan SMU/SMK/MA, Satuan Karya, Kwartir Ranting dan Dewan Kerja Cabang, mengikuti kegiatan Pelatihan Jurnalistik dan Kehumasan. SMK Panca Bhakti Banjarnegara mengirimkan peserta terbanyak yaitu 4 orang.”Kami mengirimkan peserta 4 peserta/siswa dari jatah yang seharusnya 1 untuk setiap Gudep, sebagai keseriusan kami dalam mengelola pramuka” demikian disampaikan pembina pramuka SMK Panca Bhakti Banjarnegara Kak Rosy atau biasa dipanggil Kak Rose.

Dalam sambutannya Ketua Kwarcab Pramuka Banjarnegara Setiawan mengatakan, “Pelatihan Jurnalistik dan Kehumasan bertujuan untuk meningkatkan mutu dan kualitas anggota serta mencetak jurnalis handal di bidang kepramukaan”. Kegiatan tersebut merupakan upaya serius yang dilakukan Kwartir Cabang, untuk mencetak kader handal dibidang Kehumasan dan Jurnalistik media agar anggota pramuka paham dan tahu lebih dalam tentang dunia kehumasan, dalam melakukan reportase berita kedalam tulisan baik di media cetak, elektronik maupun online.
Nabila sedang mewawancarai Kak Setiawan (Ka.Kwaran)
M.Alwan Rifai sebagai Ketua panitia kegiatan yang kesehariannya sebagai Humas Kwarcab Banjarnegara,  mengatakan, dalam pelatihan tersebut peserta diberikan materi teori dan praktek dengan total 30 jam pelajaran.“Materi yang diberikan antara lain sejarah singkat pramuka, press release, menulis berita, membuat artikel dan opini, fotografi jurnalistik, peran kehumasan, sosial media pramuka, Feature berita dan tehnik reportase “ terangnya.

Pihaknya menggandeng narasumber dari berbagai media cetak dan elektronik yang ada di Banjarnegara diantaranya Saudara Maulana wartawan Satelit Post.

Sebagai tindak lanjut dan implementasi dari kegiatan tersebut akan dibentuk forum jurnalis pramuka Banjarnegara dengan nama Cyber membara yang akan mengakomodir seluruh kegiatan pramuka mulai dari tingkat Gugus Depan, Satuan Karya dan Kwartir Ranting Kecamatan.
Lebih lanjut disampaikan Alwan Rifai mengatakan, keberadaan Dewan Kerja Cabang mutlak diperlukan demi berjalannya proses pembinaan yang baik kepada anggota. “ DKC nantinya selain menjadi wadah pembinaan Pramuka Penegak Pandega, didalamnya juga bernaung beberapa unit kerja organisasi seperti UBALOKA, Unit Jurnalistik, Satgas Pramuka Peduli, serta empat bidang yang ada didalamnya yang diharapkan mampu terus berjalan dengan baik “ ujarnya.
Sejumlah prestasi yang telah dicapai sepanjang tahun ini diantaranya Terbaik di ajang Raimuna Daerah tingkat Propinsi, Terbaik Saka Wirakartika tingkat Daerah dan pencapaian lainnya diharapkan mampu menjadi ajang untuk menggali potensi serta sarana untuk mengevaluasi proses pembinaan yang selama ini dilakukan. Kedepan, sejumlah program program strategis yang melibatkan Pramuka Penegak Pandega akan terus dilakukan, terutama mengoptimalkan unit SAR UBALOKA, unit Jurnalistik, Satgas Pramuka Peduli dan Satuan Karya yang ada agar terus berkarya dan ambil bagian ditengah masyarakat dalam berbagai kegiatan dan wujud aksi nyata.

 

 

 

Leave a comment

Your email address will not be published.


*